Makanan Terbaik untuk Janin

thumbnail

Meski masih di dalam kandungan, berat badan janin juga harus menjadi perhatian penting lho buat ibu. Oleh karena itu, ketika melakukan pemeriksaan rutin di dokter kandungan agar mengetahui kondisi janin, dan dokter akan memantau berat badan janin sesuai usia kandungan. Karena normalnya bayi harus lahir dengan berat minimal 2,75 kg. Nah, berat badan janin yang tak kunjung naik juga bisa disebabkan oleh asupan nutrisi yang tidak didapat dengan baik oleh ibu hamil.

Untuk menambah berat badan janin dalam kandungan, ada sebaiknya ibu mengkonsumsi jenis makanan berikut.

1. Telur

Sebutir telur rebus yang berukuran besar hanya mengandung 78 kalori, serta mengandung vitamin A dan vitamin B kompleks. Telur merupakan sumber protein yang baik dan mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan ibu hamil.

Gambar terkait

Satu butir telur rebus mengandung 6.29 gram protein, sehingga dapat memenuhi 14% kebutuhan protein harian wanita. Sebagian besar protein dalam telur bisa diserap tubuh saat dikonsumsi dalam bentuk rebus. Satu telur rebus per hari lebih dari cukup untuk ibu hamil dan baik untuk kondisi janin.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil untuk menaikkan berat badan janin.  Sebagian besar dokter kandungan juga menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi kacang jika mengalami masalah dengan berat badan janin. Moms bisa mengonsumsi jenis kacang seperti almond,kacang hijau, kacang tanah, kenari atau kacang polong. Kacang-kacangan juga mengandung mineral penting seperti fosfor, kalium, seng, selenium dan tembaga dalam jumlah besar yang penting untuk kondisi janin.

3. Sayuran Hijau

Sayur hijau merupakan nutrisi yang sangat baik selama masa kehamilan, terutama untuk menaikkan berat badan janin.  Usaha dalam seminggu moms secara teratur mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam atau sawi hijau. Perlu diketahui Karena, satu cangkir dari sawi hijau memberikan sekitar 770 mikrogram vitamin K, artinya lebih dari 100 persen dari kebutuhan harian yang oleh medis direkomendasikan. Selain itu kandungan kolin di dalam sawi hijau termasuk nutrisi penting untuk dapat membantu ibu agar tidur lebih nyenyak saat malam hari serta mampu membantu pergerakan otot dan juga persendian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top