4 Tips Meningkatkan Kesehatan Tidur Malam

thumbnail

Hidup sehat tak hanya dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kesehatan tidur juga perlu mendapatkan porsi yang tepat, terutama saat malam hari. Sudah banyak sekali riset yang membuktikan bahwa kurangnya tidur dapat menyebabkan efek negatif terhadap kinerja organ, keseimbangan hormon, bahkan fungsi otak. 

Tips Kesehatan Tidur Malam

Kesehatan Tidur Malam

1. Terpapar matahari saat siang

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, maka anda perlu terpapar cahaya matahari saat pagi sebanyak mungkin. Cahaya matahari dapat mempengaruhi ritme sirkadian alias jam tubuh anda. Energi saat siang akan meningkat sehingga durasi dan kualitas tidur menjadi lebih baik. Bagi para penderita insomnia, paparan matahari adalah salah satu strategi terbaik untuk meningkatkan jam tidur.

2. Mengurangi cahaya biru saat malam

Cahaya biru adalah cahaya yang berasal dari berbagai barang elektronik seperti ponsel, televisi dan komputer. Saat malam hari, sebaiknya anda mengurangi porsi terpapar cahaya ini. Otak akan menstimulasi bahwa keadaan masih siang hari sehingga tubuh akan sulit untuk rileks. Hormon yang dipengaruhi adalah melatonin. Jika melatonin berkurang, maka anda akan kesulitan untuk tidur.

3. Tidak mengkonsumsi kafein saat malam

Kafein memang menjadi bahan yang memiliki banyak manfaat. Selain menjaga konsentrasi, kafein juga mendukung terciptanya energi dan meningkatkan performa tubuh. Sayangnya, jika minuman mengandung kafein dikonsumsi di atas pukul 6 sore, maka sistem saraf anda akan tetap terjaga sehingga tubuh sulit rileks. Jika menginginkan kopi, gantilah dengan kopi tanpa kafein.

4. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur di siang hari dengan durasi yang terlalu lama dapat membingungkan ritme sirkadian anda. Anda bisa merasa lebih mengantuk dan seperti kekurangan energi di siang hari daripada malam hari. Itu sebabnya, kurangi porsi tidur siang. Durasi yang tepat untuk tidur siang adalah 30 menit.

Kesehatan tidur hanya bisa didapatkan jika anda menjaga pola dan gaya hidup sehari-hari. Jika polanya berantakan, maka begitu juga durasi dan kualitas tidur setiap malam. Anda perlu mendapatkan tidur dengan durasi hingga 8 jam per harinya agar bisa mengoptimalkan waktu kerja anda. Jangan lupa untuk membarengi pola tersebut dengan makanan bergizi dan olahraga teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top