10 Gangguan Kesehatan Orang Tua yang Biasa Terjadi

10 Gangguan Kesehatan Orang Tua yang Biasa Terjadi

Usia yang terus bertambah tidak hanya menambah pengalaman, tetapi juga menambah risiko munculnya penyakit-penyakit khas usia tua. Untuk mengantisipasi gangguan kesehatan orang tua dan lansia, berolahraga rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi harus dilakukan. Beberapa gangguan kesehatan tidak dapat dicegah dan diobati tetapi dapat dikurangi dampaknya dan diperlambat kemunculannya.

Dari Osteoporosis hingga Mengompol

Gangguan Kesehatan Pada Lansia

Dikutip dari Detik Health, berikut adalah 10 gangguan dan penyakit yang biasa dialami orang tuan dan lansia.

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah tulang yang rapuh akibat kepadatannya berkurang. Osteoporosis meningkatkan risiko patah tulang. Wanita yang telah menopause memiliki risiko yang lebih besar mengalami Osteoporosis.

2. Glaukoma

Glaukoma adalah kebutaan yang diakibatkan oleh peningkatan tekanan zat cair pada bola mata yang mengakibatkan kerusakan saraf optik. Glaukoma merupakan penyakit mata yang sering menghinggapi orang tua.

3. Alzheimer

Para orang tua yang mengalami penyakit ini memiliki kemampuan mengingat dan berpikir yang rendah. Sering diidentifikasi sebagai “sekadar” pikun, penyakit ini tidak boleh diremehkan dan diabaikan.

4. Artritis

Sebenarnya, Artritis adalah gangguan kesehatan orang tua yang umum. Artinya, setiap lansia kemungkinan mengalami penyakit ini. Tanda-tanda penyakit ini adalah kelainan bentuk dan rasa nyeri pada sendi.

5. Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan kerap dialami oleh para orang tua. Kualitas penglihatan berkurang karena kerusakan pada mata dan menurunnya kemampuan otak menangkan dan mengirimkan gambar.

6. Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran dapat terjadi karena usia tua. Kemampuan para orang tua untuk mendengarkan suara dengan frekuensi tinggi berkurang dari waktu ke waktu. Akibatnya, dibutuhkan alat bantu dengar.

7. Gangguan Metabolisme

Gangguan pada metabolisme tubuh dapat diakibatkan penyakit-penyakit, diantaranya diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung. Masalah ini merupakan masalah yang umum diderita orang tua.

8. Gangguan Kognitif

Usia yang bertambah tua membuat kemampuan kognitif para orang tua dan lansia menjadi berkurang. Akibatnya, kemampuan matematika dan mengerjakan pekerjaan menjadi tidak lagi sebaik sebelumnya.

9. Gangguan Emosional

Selain gangguan kesehatan orang tua pada organ fisik, gangguan emosional juga tidak jarang terjadi pada lansia dan orang tua. Gangguan ini mengakibatkan ketidaknyamanan orang-orang di sekelilingnya.

10. Mengompol

Orang tua dan lansia, baik pria dan wanita kerap mengalami gangguan mengompol. Pada pria, gangguan ini terjadi karena adanya gangguan prostat, sementara wanita terjadi karena kekuatan otot panggul yang berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *